jump to navigation

Sharing Modem Laptop ke Virtual WiFi August 4, 2011

Posted by haryoktav in What's news.
trackback

Setelah HP LGKU250 kolaps karena pecah bagian antene-nya sehingga tidak dapat digunakan lagi untuk berkomunikasi, maka diputuskan untuk membeli Galaxy Mini. 3 Tahun lalu, LG dibeli dengan harga 1 juta rupiah, sedang yang Mini dilepas toko dengan harga 1,42 juta rupiah. Kenapa Mini? Jawab: limited budget dan ber-android.

Ini dia perangkat yang sedang bergaya.. ^^

Masalah berikutnya: untuk akses internet dan download aplikasi lain ternyata wajib pakai GPRS. Karena sudah mancep kartu IM3 didalamnya, pikir-pikir juga, mahal sekali paket Indosat waktu itu. Kalau memilih koneksi via WiFi, si Mini hanya bisa browsing, lain itu tidak bisa jalan, katanya harus di-root, tapi me-root berarti garansi hangus. Terpikir juga untuk segera me-root dengan terlebih dahulu menyimpan semua isi ROM aslinya. Tapi bingung… 🙂

Nah, adik saya dari Denpasar datang, bawa laptop dengan modem AHA-nya. Kira-kira, bisa ndak ya, sambil laptopnya bermodem ria, sembari memercikkan data lewat koneksi WiFi di laptop? Kan, kalau pakai modem, WiFi-nya jadi nganggur tuh, kasian.

Searching punya searching, akhirnya ketemu link berikut: http://www.itgeekdiary.com/windows-7-as-an-wi-fi-access-point/ . Langsung dicoba dan mantab hasilnya. Laptop sedang browsing, Mini saya pun kecipratan data gratis 🙂

Idenya dari link tsb begini: koneksi data dari modem di-share ke Virtual WiFi Miniport Adapter. Begitu saja. Rangkuman dari link tadi sebagai berikut:

  1. Ini pakai Windows 7, yang lain belum dicoba.
  2. Buka link tadi, baca sebentar.
  3. Kalau anda buka: Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Settings, tidak muncul ikon Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter, lakukan langkah berikutnya. Kalau ada, ya tetap saja dilanjut 🙂
  4. Buka CMD sebagai administrator.
  5. Ketikkan: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=APku key=123456 lalu Enter, maka Virtual WiFi Miniport Adapter akan muncul jika sebelumnya belum ada. Ssid sebagai nama dan key sebagai password dapat anda ubah.
  6. Klik kanan, pada ikon modem anda, lalu klik Properties.
  7. Pilih tab Sharing.
  8. Centang kotak pertama, pilih untuk di-share ke Wireless Network Connection 2, tempat Virtual WiFi Miniport Adapter berada.
  9. Klik OK.
  10. Klik kanan ikon Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter, lalu klik Properties. Pada tab Networking ini, buang semua cawang kecuali bagian TCP/IPv4.
  11. Klik OK.
  12. Kembali pada jendela CMD, ketik: netsh wlan start hostednetwork lalu tekan Enter.
  13. Selesai.

Aktifkan software untuk modem, anda siap browsing di laptop, dan saya dapat nimbrung data di Mini saya… ^^ Untuk mematikan fungsi Virtual WiFi, pada jendela CMD, ketik: netsh wlan stop hostednetwork lalu tekan Enter.

Selamat meramban bersama…

Network list, langkah ke-3

Share modem ke Virtual WiFi, langkah ke-7

Modem aktif, koneksi ter-share, Virtual WiFi aktif

Comments

1. Windows 10 mobile hotspot | hary.oktav's Blog - February 28, 2017

[…] complicated-manual-way was written in my post here: https://haryoktav.wordpress.com/2011/08/04/sharing-modem-laptop-ke-virtual-wifi/ Although the commands were on Windows 8.1 but they can be applied on Windows 10 as […]


Sorry comments are closed for this entry