jump to navigation

HP Pavilion SleekBook 14-b009AU yang menantang October 5, 2013

Posted by haryoktav in What's news.
trackback

Membelikan laptop dengan budget terbatas… akhirnya jalan-jalan ke Mal Surabaya. Tanya sini situ, akhirnya pilihan diputuskan pada: HP Pavilion Sleekbook 14-b009AU. Kenapa? Paling murah! Cuman Rp. 2.850.000, dapat tas, mouse, screen protector, dan keyboard protector. Tapi disuruh bayar Rp. 10.000 buat masangkan protectornya. Dan lagi, speakernya Altec Lansing!

Setelah masuk ke tokonya dan dibuka dus laptopnya… walah, baru ingat saya, laptop HP kan paling susah nyari drivernya. Karena sudah terlanjur, ya saya berdoa saja. Dan benar, nyampe rumah, setelah di instal Windows 8 32-bit, tidak semua driver ada. Untungnya monitor, Wifi, dan speaker bisa aktif. Pergilah ke Google. Di link resmi HP (http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/softwareCategory?cc=us&lc=en&dlc=en&product=5317350) ternyata drivernya hanya support Windows 8 64-bit dan Ubuntu saja! Alamak!

Setelah saya lihat lagi spek prosesor AMD E1-1200 di dalam Sleekbook, ternyata dia lahir dari keluarga prosesor 64-bit. Pantas saja dia minta OS 64-bit. OK lah, saya mengalah. Memang seharusnya demikian, harus mengikuti maunya pabrik. Sayangnya informasi ini tidak disampaikan oleh mbak-mbak-mas-mas-dan-yang-punya-toko ke konsumen. Sayang sekali. Hampir saja saya marah-marah seperti konsumen lain yang ‘merasa tertipu’.

Setelah mendapatkan OS Windows 8.1 64-bit dan menginstalnya (F9 untuk opsi booting dengan DVD), begini laporan dari Device Manager. Loh, apa itu 4 Other Devices yang belum ada drivernya?? Hmm….

Setelah instalasi selesai.

Setelah instalasi selesai.

Pertama adalah menginstal driver vga (AMD High-Definition (HD) Graphics Driver) karena kondisi layar monitor sangat kasar gerakannya.

Screenshoot driver grafis AMD

Screenshoot driver grafis AMD

Setelah boot, wow! Gerakan grafisnya halus. Senang deh. Berikutnya instal audio (IDT High-Definition (HD) Audio Driver). Sebenarnya speaker sudah bunyi.. tapi sangat minim suaranya. Lihat laporan Device Manager sebelum dan sesudah di-instal. Ciamik bukan? Suaranya jadi… wow! Altec Lansing la yaw!

HD Sound

HD Sound

Berikutnya, Bluetooth (Ralink Bluetooth Software Driver). Lihat bagian Other Devices.. tersisa 3 lagi!

Bluetooth ter-instal.

Bluetooth ter-instal.

Selanjutnya, card reader (Realtek Card Reader Driver). Parah kalau card reader saja sampai tidak bisa dipakai. Lihat lagi bagian Other Devices… tersisa 2 sodara-sodara!

Card Reader ter-instal.

Card Reader ter-instal.

Berikutnya… HDD Protector (HP ProtectSmart Hard Drive Protection). Katanya supaya harddisk terparkir bila ada guncangan yang dianggap membahayakan. LIhat terus bagian Other Devices… tersisa 1 saja sodaraa!

Meng-instal HDD Protector menghilangkan satu lagi daftar Unknown Device.

Meng-instal HDD Protector menghilangkan satu lagi daftar Unknown Device.

Sampai disini saya masih tidak tahu apa Other Device yang tinggal satu itu. Saya kemudian meng-instal Synaptics TouchPad Driver agar touchpad dapat mengenali gestur zoom (perbesar) dan pan (geser). Masih ada driver-driver lain yang tersisa. Tapi saya rasa cukup untuk hari ini. Lelah rasanya, ingin melihat movie saja.

Untuk movie, saya menggunakan software SPlayer (http://www.splayer.org/index.en.html). Loh, kok film nya putus-putus? Ada apa lagi ini? (Maaf film nya dipilih hanya untuk menguji kesabaran Sleekbook, yaitu Blu Ray 1080p) Ternyata pada Options – Advanced, ada pilihan Use graphics hardware acceleration yang harus di-cawang. Dan.. wussshhh! Coba lihat perbedaan sebelum opsi diaktifkan dan sesudah opsi diaktifkan dampaknya pada kerja prosesor.

Sebelum diaktifkan.

Sebelum diaktifkan.

Opsi yang wajib diaktifkan.

Opsi yang wajib diaktifkan.

Setelah proses dialihkan dari CPU ke GPU.

Setelah proses dialihkan dari CPU ke GPU.

Selamat menikmati Sleekbook 14-b009AU yang ‘menantang’! Speaker Altec Lansing-nya memang sangat keren!

(Edited)

Beberapa driver yang belum diinstal ternyata membutuhkan .NET Framework 3.5, padahal Windows 8.1 menggunakan .NET Framework 4.5. Maunya download, lah tapi lama sekali kalau internetan pakai modem. Cari di Google, akhirnya nemu artikel ini (http://support.microsoft.com/kb/2785188). Ternyata installer Windows 8.1 dilengkapi juga dengan .NET 3.5/2.0 tetapi belum di-enable. Lanjutttt!

Kemudian meng-install HP Wireless Button Driver. Wow! Other Device terakhir adalah Wireless Button! Huhuy senangnya (meskipun tidak terlalu berguna sih… ^^). Lihatlah laporan Device Manager terakhir ini.

Berhasil! Other Device terakhir adalah Wireless Button!

Berhasil! Other Device terakhir adalah Wireless Button!

Sekarang, kalau tombol F12 ditekan akan mucul tulisan “Airplane Mode On” dan semua wireless mati, gambar kuat sinyal wireless berubah jadi gambar pesawat terbang. Kalau tombol F12 ditekan sekali lagi akan muncul tulisan “Airplane Mode Off”, fungsi wireless kembali aktif dan gambar pesawat terbang kembali menjadi gambar kuat sinyal wireless. Ya ampuun, cuman gitu ajah ternyata… tapi lumayan jos! ^^

Advertisements
%d bloggers like this: