jump to navigation

100 Greatest Discovery: Physics November 29, 2008

Posted by haryoktav in Interest.
trackback

Let me write down in bahasa Indonesia 🙂

Dokumentasi dari Discovery Channel ini salah satu bahasan favorit, akhirnya diputar juga di MetroTV sekitar pertengahan 2008. Thanks MetroTV. Dalam kesimpulan akhirnya kira-kira begini. Ada 4 kekuatan alam dasar dalam hukum fisika yang sudah dikenal luas:

  1. Gravity, dirumuskan oleh Isaac Newton, membuat kita tetap diam di bumi, tanpa gravitasi kita akan terlempar ribuan kilometer per jam ke luar angkasa, dan tentu saja tidak bisa bermain bola dengan mudah.
  2. Electromagnetism, dirumuskan oleh Michael Faraday, seperti cahaya – yang menerangi dunia, radio, televisi, dan telepon.
  3. Strong Force, atau Nuclear force, yang bekerja pada jarak dekat, yaitu tenaga yang mengikat kompenen di dalam inti atom.
  4. Weak Force, juga bekerja pada jarak dekat, memberikan peluruhan radioaktif, contohnya pada panas inti bumi yang masih menghangatkan bumi selama jutaan tahun, energi gunung berapi, energi gempa bumi, energi tektonik merupakan manifestasi weak force energi panas ini.

Bagaimana mengetahui keberadaan Weak Force? Gunakan Geiger Counter. Partikel yang keluar dari atom menabrak atom lain, yang akan menyebabkan sedikit tegangan yang bisa diukur sebagai bunyi ‘klik’.

Bagaimana mengukur Strong Force? Ini lebih sulit karena energi ini mengikat inti atom. Untuk itu digunakan alat penghancur atom. Partikel-partikel ditabrakkan untuk dianalisa penyusunnya. Analoginya seperti mengetahui bagaimana piano bekerja dengan cara menjatuhkan piano dari atas tangga, kemudian mendengarkan setiap dentingan saat piano hancur saat menuruni tangga.

Setelah 4 rumus dasar ini, ada apa lagi? Peneliti ingin mengabungkan teori quantum untuk benda-benda mikroskopik seperti atom dengan teori gravitasi untuk benda-benda besar seperti planet menjadi satu, yang dinamakan Theory of Everything atau String Theory.

Advertisements

Comments»

1. deari - November 29, 2008

wah..akhirnya jadi juga nih blog nya..keren2..wah sayang bgt bisa sampe retak gitu pak..?itu beneran retak sendiri pak..?keren2..haha..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: